Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk SMK Akuntansi

Risandi, Vinanda Esa. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk SMK Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryanto, M.Ed. (II) Dr. Suparti, M. P.

Kata Kunci: Multimedia interaktif, aplikasi android

Rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran produktif akuntansi disebabkan proses pembelajaran cenderung monoton dan konvensional namun, dapat diatasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti multimedia interaktif. Kepemilikan smartphone dengan sistem operasi android di kalangan peserta didik yang sangat tinggi dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran seperti power point dan masih bersifat konvensional serta kesulitan peserta didik dalam memahami materi tahap pengikhtisaran dan pelaporan siklus akuntansi perusahan dagang metode periodik. Maka dari itu, diperlukan terobosan baru sebagai variasi pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang (tahap pengikhtisaran dan pelaporan) untuk SMK jurusan Akuntansi.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk SMK Akuntansi dilengkapi dengan buku panduan penggunaan media pembelajaran bagi pengguna. Pengujian kelayakan produk yang telah dihasilkan diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran akuntansi di kelas XI maupun secara mandiri khususnya, di SMK N 1 Malang
Model penelitian pengembangan produk multimedia interaktif berbasis aplikasi android ini mengadaptasi model Thiagarajan yaitu Four-D Model yang dimodifikasi. Four-D Model terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan pendeseminasian. Penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan yaitu uji coba terbatas dan penilaian dari tim ahli terkait media dan materi. Jenis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator sebagai bahan pertimbangan merevisi media yang dikembangkan. Validasi isi produk menggunakan angket yang dilengkapi skala penilaian berdasarkan skala likert.
Berdasarkan data dari hasil validasi yang dapat diperoleh, antara lain: ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 94%, dan uji coba terbatas sebesar 92%, sehingga jika dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata 93,6% . Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang untuk SMK Akuntansi dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi siklus akuntansi perusahaan dagang di SMK N 1 Malang. Saran kepada pengembang selanjutnya dapat membuat produk dengan konsep dan materi lain, dan penyebarluasan aplikasi android dapat juga diunduh melalui Google PlayStore.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *