Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK

Santoso, Fariez Dzulkarnaen. 2017. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Multimedia interaktif, perusahaan jasa, motivasi belajar, hasil belajar

Perkembangan teknologi informasi saat ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guru sebagai komponen terpenting dalam proses pembelajaran dituntut untuk mampu menciptakan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menarik guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Media yang sering digunakan guru saat ini adalah media presentasi dengan menggunakan software power point. Namun dalam praktiknya, sering kali guru hanya menampilkan slide dengan tulisan-tulisan panjang dan monoton. Selain akan menimbulkan rasa bosan, siswa juga akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi, sehingga berdampak pada hasil belajar yang kurang baik. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi terhadap media pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik, lebih bervariasi, dan tidak membosankan bagi siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall (2003). Tahapan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi ahli, revisi I, uji lapangan terbatas, revisi II, dan produk akhir. Validasi multimedia interkatif dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM, 1 guru akuntansi SMK PGRI 2 Malang dan 27 siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan, angket penilaian motivasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan soal tes untuk uji efektivitas produk. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian komentar dan saran.
Produk yag dihasilkan berupa multimedia interaktif yang memuat materi akuntansi perusahaan jasa yang di lengkapi dengan adanya gambar, animasi, audio, video dan soal evaluasi. Hasil uji penilaian dari ahli media dan ahli materi menunjukkan multimedia interaktif memperoleh nilai 95% dan 88,33% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 2 Malang sebagai pengguna memberikan nilai rata-rata 85,07% dengan kriteria layak. Hasil uji efektivitas produk pada siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang yang dianalisis menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interkatif dianggap memberikan pengaruh dan efektif. Disarankan untuk mengembangan multimedia interaktif untuk materi yang lainnya, membuat desain grafis yang lebih menarik dengan mempertimbangkan kelengkapan konten dan size dari multimedia interaktif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *