Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Learning Cycle 5E Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Siswa SMA

Ambarwati. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Learning Cycle 5E Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr Sunaryanto, M.Ed, (2) Dr Puji Handayati, S.E, M.M., AK.CA,C.MA
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Learning Cycle 5E
Paradigma pembelajaran saat ini mendorong siswa untuk secara aktif membangun pemahaman dan mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri, guru harus siap menjadi fasilitator pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan siswa, serta mampu merancang sebuah pembelajaran yang memberikan pengetahuan teoritik dan praktik. Salah satunya dengan menggunakan model Learning Cycle 5E yang termasuk dalam pendekatan konstruktivistik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Batu menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi membutuhkan perangkat pembelajaran yang membuat siswa aktif mencari sendiri informasi, memahami dan dapat mengkonstruksi pengetahuan. Selain itu hasil observasi juga menunjukkan Rencana Pelanksanaan Pembelajaran bersifat Teacher Centered, bahan ajar dirasa masih belum dapat mengembangkan kemampuan kemampuan siswa untuk belajar mandiri dan aktif dan media pembelajaran masih belum tersedia. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan alternatif perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar secara mandiri dan kontekstual.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran bercirikan Learning Cycle 5E pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang untuk siswa SMA.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata dan dimodifikasi menjadi delapan tahapan. Tahapan yang digunakan meliputi (1) Analisis kebutuhan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk awal, (4) Validasi ahli, (5) Revisi produk I, (6) Uji coba produk lapangan terbatas, (7) Revisi produk 2, (8) Produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa instrument angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari saran dan komentar para validator.
Hasil validasi LKS menunjukkan prosentase sebesar 85,06%, dan hasil validasi RPP menunjukkan prosentase sebesar 82,17%, serta hasil validasi media menunjukkan prosentase sebesar 83,78%. Sehingga secara keseluruhan diperoleh rata-rata perangkat pembelajaran sebesar 83,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran bercirikan Learning Cycle 5E pada materi siklus akuntansi perusahaan dagang untuk siswa SMA ini memiliki kriteria valid atau layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam akuntansi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *