Pengujian Book-Tax Differences dan Struktur Kepemilikan terhadap Discretionary Accrual pada Perusahaan Manufaktur yang Listed pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015

Kurnianti, Dini. 2017. Pengujian Book-Tax Differences dan Struktur Kepemilikan terhadap Discretionary Accrual pada Perusahaan Manufaktur yang Listed pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc.

Kata Kunci: Book-Tax Differences (BTD), Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Discretionary Accrual.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh book-tax differences, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial terhadap discretionary accrual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur yang telah dipublikasi di BEI tahun 2010-2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terdapat 48 sampel dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Analisis menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 20 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima yang berarti book-tax differences (BTD) berpengaruh positif terhadap discretionary accrual, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap discretionary accrual dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap discretionary accrual
Keterbatasan penelitian ini yaitu memiliki nilai Adjusted R square sebesar 0,280. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah menambahkan variabel ABTD (abnormal book-tax differences) yang mengandung informasi perencanaan pajak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *