Persepsi Siswa Akuntansi terhadap Penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam Ujian Nasional (Studi Pada SMA dan SMK Kota Malang)

Riyanto, Anggraeni Wahyu. 2016. Persepsi Siswa Akuntansi terhadap Penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam Ujian Nasional (Studi Pada SMA dan SMK Kota Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Sulastri,S.Pd.,M.SA, (II) Hj. Yuli Widi Astuti,S.E.,M.Si.,AK.

Kata Kunci: Computer Based Test, Technology Acceptance Model (TAM)

Persepsi siswa merupakan proses pemberian tanggapan berdasarkan dengan apa yang ia dengar, rasakan terhadap penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan ujian nasional. Persepsi ini mengadopsi dari teori Technology Acceptance Model (TAM). Terdapat tiga dimensi utama sebagai pengukuran persepsi menurut TAM yaitu: persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease Of Use) dan persepsi manfaat (Perceived Usefulness) dan penggunaan teknologi sesungguhnya (Actual Usage).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam ujian nasional. Sampel yang diambil sebanyak 140 orang dengan menggunakan teknik Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persepsi siswa berkenaan dengan kemudahan penggunaan memperoleh persentase sebesar 81,35% (sangat puas), persepsi manfaat memperoleh persentase sebesar 77,76% (puas), dan penggunaan sesungguhnya (Actual Usage) sebesar 83,98% (sangat puas).
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) menambah jumlah komputer yang digunakan untuk ujian nasional sehingga dapat mengurangi sesi ujian, (2) memperjelas ukuran font, ukuran tabel dalam soal akuntansi yang diujikan agar terbaca jelas dan mudah dipahami oleh siswa, (3) memberikan space yang cukup untuk soal akuntansi yang akan ditampilkan pada layar komputer.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *