Preaload Image

Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang Rebut Juara 3 Accounting Competition Universitas Se-Indonesia

Malang (21/03) – Tiga mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang yakni Yuyun Puji Lestari, Agus Kurniawan, dan Siti Faizatun Nisa’ dari prodi Pendidikan Akuntansi 2021 berhasil memperoleh juara 3 dalam Accounting Competition yang diadakan oleh HMJ Akuntansi Universitas Widyagama Malang pada 13 Maret 2022. Kompetisi tersebut bertemakan “Meningkatkan Kompetensi Akuntan Milenial yang Berintegritas, Profesional, dan Kompetitif Melalui Kompetisi Akuntansi”.

 

Salah satu anggota tim yaitu Agus Kurniawan mengatakan, “Sebenarnya persiapan kita sendiri itu sudah dari jauh-jauh hari, bahkan kita juga rutin untuk berlatih bersama meskipun tidak ada lomba. Keinginan mengikuti perlombaan ini juga sebatas coba-coba karena mendapatkan informasi dari Instagram HMJ Akuntansi UWG tetapi kita bersyukur bisa lolos ke babak final. Konsisten pada suatu perlombaan menurut saya lebih luar biasa dari pada memenangkan 1 perlombaan”.

 

Perlombaan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan tiga tahap yang berbeda. Pada tanggal 27 Februari dilakukan babak pre-elimination yang menyisakan 9 tim untuk lanjut ke babak semi final pada tanggal 6 Maret. Lalu, tiga tim dengan skor tertinggi melanjutkan ke babak final pada tanggal 13 Maret untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3 dengan melalui babak puzzle case, tebak kata, dan presentasi.

 

Secara keseluruhan proses perlombaan berjalan dengan lancar. Namun, kendala dialami saat mereka melaksanakan babak final dimana pada saat pandemi semua kegiatan harus diadakan dengan menerapkan social distancing, hal itu lah yang membuat mereka memilih tempat outdoor untuk menjalani babak final. Pemilihan tempat yang kurang tepat ini membuat konsentrasi sedikit terganggu akibat kebisingan di sekitar mereka. Selain itu, pada babak final kesulitan dirasakan karena kurang dalam mempersiapkan dan menguasai materi terlebih di saat pemaparan materi presentasi. Walaupun kendala dialami, pada akhirnya mereka tim dari jurusan akuntansi mampu menyumbangkan prestasi yang membanggakan. Siti Faizatun Nisa’ yang akrab dipanggil Siti menyampaikan bahwa “Akan selalu ada yang lebih baik, dunia terlalu luas untuk menyombongkan diri”. Dengan prestasi yang mereka dapatkan tidak membuat mereka merasa sombong dan tetap rendah hati.

 

Bapak Slamet Fauzan, S.Pd selaku pembimbing tim juga menyampaikan “Saya sangat bangga sekali kepada mahasiswa mahasiswi kami, mereka bersaing dengan perguruan-perguruan tinggi tingkat nasional dan alhamdulillah sudah 3 tahun berturut turut dari Akuntansi UM masuk 3 besar.  Pesan saya untuk lomba tahun berikutnya bisa disiapkan lebih matang lagi agar dapat meningkat prestasinya.”

Translate »
Skip to toolbar