Preaload Image

Septy Nur Sulistyawati Alumni S1 Akuntansi, Penerima Awardee Beasiswa LPDP UGM

Septy Nur Sulistyawati atau akrab dipanggil Septy, merupakan mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang tahun 2017. Lulus di tahun 2021, Septy berkeinginan melanjutkan studi S2. Di dunia perkuliahan banyak prestasi yang ditorehkan dan menjadi pengalaman berharga. Sejak 2019, Septy sering mengikuti lomba dan menjadi juara. Beberapa prestasi yang telah diraih yaitu menjadi Juara 1 lomba karya tulis ilmiah pada acara Islamic Economics Olympiad 2019 di Universitas Darussalam Gontor, Juara 2 olimpiade akuntansi tahun 2019 pada acara International Accounting Week di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, di tahun 2020 menjadi Delegasi kompetensi Bisnis Manajemen Keuangan bidang audit investigatif Universitas Negeri Malang, dan yang terbaru di tahun 2021 meraih Juara 1 Lomba Karya tulis Ilmiah di acara pekan riset mahasiswa Universitas Mataram, sekaligus best presentation and best implementation.

Mahasiswa asal Kabupaten Ponorogo ini juga aktif dalam kegiatan-kegiatan non akademik. Tahun 2018 Septy menjadi anggota divisi akademik HMJ Akuntansi FE UM dan ditahun berikutnya 2019, diamanahi menjadi bendahara umum HMJ Akuntansi FE UM. Kemudian di tahun 2020 aktif menjadi anggota Relawan pajak FE UM serta sekretaris komisi aspirasi dan advokasi Dewan Perwakilan Mahasiswa UM. “Menjadi bagian dari organisasi mahasiswa juga merupakan prestasi yang harus disyukuri” tutur Septy. Perjalanan dimulai dari 2021 yang mengantar Septy menjadi awardee beasiswa LPDP di UGM. Saat itu keinginan untuk melanjutkan studi S2 memang sudah sejak lama ada. “Informasi-informasi terkait beasiswa LPDP sudah dari lama aku kumpulkan dengan mengikuti sosial media resmi LPDP dan mengikuti beberapa sosialisasi yang pernah diselenggarakan”. Di tahun 2021 akhir, Septy mencoba untuk mendaftar LPDP tetapi sudah ditutup dan kebetulan juga berkas yang dipunya masih belum lengkap. Akhirnya di tahun 2022 mencoba untuk mendaftar LPDP gelombang pertama dengan persiapan yang dilakukan di bulan Maret. 

“Jadi waktu itu seleksi beasiswa LPDP yang saya ikuti terdiri dari 3 macam yaitu seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi. Untuk masing-masing seleksi menggunakan sistem gugur. Jadi bisa dibayangkan setiap bulannya selalu berdebar-debar menunggu hasil seleksi. Oh iya, sebagai informasi saya mendaftar LPDP regular dalam negeri tanpa LoA (nah ini yang sering ditanyakan, apakah daftar LPDP wajib punya LoA terlebih dahulu, jawabannya tidak). Selama proses seleksi saya juga mendaftar S2 akuntansi di UGM. Pada saat itu pengumuman akhir LPDP dan pengumuman S2 hanya selisih 1 hari. Alhamdulillah diterima keduanya”, tutur Septy yang saat ini berkuliah sembari menjadi tentor di bimbingan penulisan ilmiah. Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak, CSRS selaku ketua Departemen Akuntansi mengapresiasi perjalanan dan pencapaian yang dilakukan Septy Nur Sulistyawati. “Jika kalian ingin mencapai sesuatu harus dikejar hingga kalian mendapatkannya. Apa yang dilakukan Septy dengan berusaha mendapatkan beasiswa LPDP patut diapresiasi.”

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar