Preaload Image

Sosialisasi Manajemen Koperasi Wanita: Motivasi Meningkatkan Peran dan Kinerja Koperasi Wanita Demi Mewujudkan SDGs

Kelompok Pengabdian Membangun Desa MBKM (Program Merdedka Belajar – Kampus Merdeka) Desa Duwet Krajan Universitas Negeri Malang yang dibina oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A. dengan 13 mahasiswa dari prodi S1 Akuntansi sebagai anggota kelompok (Gracia Angelina Nawang Wulan, Ahmad Hikami, Intan Dilla Sabilah, Tioryta Grasella Sijabat, Gusti B’tari Artichah, Gita Gloria Christy, Dania Anitsa, Alfi Rosyidah Hamim, Fera Pebriyanti, Ajeng Purbaningrum, Uswatur Rizkiyah, Sayyid Achmad Abdillah, Faridah Puteri Permatasari) melaksanakan Program Kerja Sosialisasi dan Diskusi dengan tema “Manajemen Koperasi Wanita”. Pelaksanaan Sosialisasi  pada Hari Sabtu, 6 November 2021 pukul 10.15 WIB – 11.00 WIB bertempat di Balai Desa Duwet Krajan Tumpang, Malang, sesuai dengan protokol kesehatan dan dihadiri oleh 16 kader Koperasi Wanita Desa Duwet Krajan.

Program kerja sosialisasi dan diskusi tentang manajemen koperasi wanita sejalan dengan Kegiatan ini mendukung adanya Sustainable Development Goals (SDGs) antara lain SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi Sosialisasi manajemen koperasi wanita dapat memberikan pengetauhan yang bermanfaat kepada para masyarakat di Desa Duwet Krajan khusunya kader koperasi wanita sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik di Desa Krajan maupun di Indonesia.

Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan  mengenai Koperasi Wanita mengingat masih kurangnya pengetahuan dan pengalaman Pengurus dan Kader Koperasi Wanita di Desa Duwet Krajan mengenai Manajemen Koperasi Wanita. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Kepala Desa “masih banyak masalah yang terjadi dalam kepengurusan koperasi, seperti sulitnya komunikasi bersama anggota koperasi, adanya kredit macet, dan operasional koperasi.”

Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi oleh Dania Anitsa dan Fera Pebriyanti terkait Koperasi secara umum, serta Manajemen Koperasi Wanita yang mencakup pengetahuan mengenai Anggaran Dasar, Sistem Informasi Koperasi, Optimalisasi Peran Koperasi Wanita melalui pengembangan sumber daya manusia, penguatan organisasi, reformasi kelembagaan, partisipasi anggota, dan diversifikasi usaha.
Setelah pemberian materi, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi bersama peserta undangan. Kemudian kegiatan sosialisasi ditutup dengan tanya-jawab dari peserta undangan, pemberian apresiasi untuk peserta undangan yang aktif memberikan tanggapan ketika Sosialisasi berlangsung, pembacaan doa, dan diakhiri dengan foto bersama Kader Koperasi Wanita dan Mahasiswa/i Pengabdian Membangun Desa MBKM UM.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua pihak. Khususnya, dalam peningkatan peran dan kinerja Koperasi Wanita di Desa Duwet Krajan. “Semoga dengan adanya sosialisasi mengenai Manajemen Koperasi Wanita ini dapat menjadi langkah awal dan motivasi bagi kami untuk membenahi berbagai permasalahan yang terjadi dan mengembangkan Koperasi Wanita di Desa Duwet Krajan menjadi lebih baik lagi,” tutur salah satu kader koperasi wanita.

Translate »
Skip to toolbar