Preaload Image

Sosialisasi Strategi Marketing Pengusaha Lokal Desa Gedogwetan Dukung SDGs

Menengok pada jumlah pengusaha lokal di Desa Gedogwetan yang banyak dengan beraneka ragam produk UMKM yang ada, besarnya peluang pasar dari masing-masing produk UMKM, serta harapan ketercapaian pertumbuhan ekonomi yang merata pada SDGs nomor 8 Desa Gedogwetan, mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang (UM) Desa Gedogwetan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang melakukan kegiatan “Pentingnya strategi pemasaran bagi pelaku usaha di Desa Gedogwetan”. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Gedogwetan ini dihadiri oleh pelaku UMKM di Desa Gedogwetan, Karang Taruna Desa Gedogwetan, perangkat Desa Gedogwetan, serta tim MBKM Membangun Desa di Desa Gedogwetan. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung SDGs nomor 2 yaitu No Poverty.

Pelaksanaan kegiatan ini ditujukan kepada pelaku usaha yang ada di Desa Gedogwetan. Hal ini didasari pada keluhan para pelaku UMKM terkait segmentasi pasar produk yang telah dihasilkan. Para pelaku usaha UMKM di Desa Gedogwetan ini terdiri dari UMKM tahu, UMKM pandai besi, dan UMKM sangkar burung.

Pada kegiatan sosialisasi strategi marketing ini narasumber yaitu Bapak Mohammad Iqbal Firdaus, S.A., M.Ak. (Dosen FE UM). Saat berlangsungnya kegiatan sosialisasi ini narasumber memaparkan mengenai apa saja strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM di Desa Gedogwetan ini dengan diselingi tanya jawab kepada audiensi. Dari pertanyaan yang diajukan oleh pemateri tersebut diperoleh hasil bahwasanya “pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM yang ada di Desa Gedogwetan tersebut ini rata-rata menggunakan pengepul sebagai tempat untuk menjual hasil produksinya, mereka belum merambah ke pemasaran digital”. Selain itu, pada sosialisasi ini pemateri meminta para audiens menyebutkan apa saja yang menjadi keluhan bagi para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya.

Di akhir sesi pemaparan materi, narasumber menjelaskan mengenai salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha UMKM yang ada di Desa Gedogwetan ini dengan mencari keunikan yang menjadi ciri khas tersendiri produk yang dihasilkan oleh UMKM Desa Gedogwetan ini.

Kegiatan sosialisasi pentingnya strategi marketing bagi pelaku UMKM ini mendapat sambutan yang positif dari audiens yang menghadiri acara. Karena selain menyimak materi yang telah dipaparkan oleh narasumber, para audiens juga terlibat aktif dalam sesi tanya jawab yang telah disediakan. Dengan diadakannya sosialisasi pentingnya strategi marketing ini diharapkan pelaku usaha dapat memanfaatkan pengetahuan serta teknologi yang diketahui untuk dapat mendapatkan peluang usaha baru. Hal tersebut dilakukan agar dapat bersaing dalam pasar global dengan memanfaatkan media elektronik sebagai sarana pemasaran produk hasil UMKM.

Translate »
Skip to toolbar