Preaload Image

Sukseskan Vaksinasi, Pemerintah Desa Sukodadi Kolaborasi dengan Tim MBKM UM Demi Wujudkan SDGs 3

Pandemi covid-19 hingga saat ini masih belum berakhir, meskipun di beberapa daerah telah mengalami penurunan kasus. Guna menekan kasus positif yang terus bertambah, pemerintah saat ini tengah menggencarkan pemberian vaksin kepada masyarakat. Pemberian vaksin ini sangat penting, tidak hanya untuk melindungi masyarakat dari covid-19, tetapi juga membantu memulihkan kondisi sosial dan ekonomi yang terdampak pandemi. Di sisi lain, kegiatan vaksinasi dilakukan guna mewujudkan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3, yaitu “Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan” dengan memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua kalangan usia. Diharapkan program vaksinasi ini dapat membantu memenuhi target SDGs di tahun 2030, yaitu mengurangi angka kematian. Pemberian vaksin juga telah dilakukan terhadap warga Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang .

Ratusan masyarakat Desa Sukodadi mengikuti program vaksinasi dosis pertama jenis Sinovac yang telah disiapkan oleh tenaga kesehatan berjumlah 600 dosis. Pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan oleh tim Kesehatan Puskesmas Wagir dan dibantu oleh mahasiswa yang tergabung dalam tim MBKM (Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik) Universitas Negeri Malang. Sebelum melakukan vaksinasi, masyarakat Desa Sukodadi harus membawa fotocopy identitas diri seperti KTP, KK dan mengisi format screening secara jujur. 

Proses vaksinasi di Desa Sukodadi diawali dengan pemberian nomor antrian oleh petugas, kemudian pembagian masker gratis kepada masyarakat oleh mahasiwa Universitas Negeri Malang (UM). Selain itu, tim MBKM UM juga mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan dengan menjelaskan cara penggunaan masker yang tepat. Tim MBKM UM juga membantu panitia vaksinasi Desa Sukodadi untuk melakukan pengecekan form screening yang telah diisi oleh warga, pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah. Setelah proses tersebut selesai, warga diarahkan oleh petugas untuk melangsungkan penyuntikan vaksin yang dilakukan oleh tim Kesehatan dari Puskesmas Wagir. 

Setelah proses vaksinasi selesai, petugas mengisi hasil screening dan vaksinasi pada kertas kendali. Lalu, dilanjutkan entry data dari kertas kendali ke dalam aplikasi Primary Care. Proses entry data tersebut dilakukan oleh mahasiswa MBKM UM.  

Kantor Desa Sukodadi juga bekerja sama dengan Satgas Covid-19 untuk melakukan pengawasan kegiatan vaksinasi di Desa Sukodai, Kecamatan Wagir, Kab. Malang. Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini diharapkan warga Desa Sukodadi Wagir, Kab. Malang dapat memperkuat kekebalan tubuh atau imun terhadap penularan virus covid-19

Translate »
Skip to toolbar