Preaload Image

Tim Dosen Muda FEB UM Gelar Pelatihan Pelatihan Dan Pendampingan Pencatatan Keuangan Manual Bagi UMKM di Kabupaten Malang dalam menunjang SDGS 2030

UMKM merupakan bagian penting dalam perekonomian Indonesia dengan kontribusi besarnya dalam pertumbuhan ekonomi meliputi, penyerapan tenaga kerja, solusi atas permasalah kemiskinan, dan membantu penyebaran hasil pembangunan. Sehingga, rendahnya pengetahuan dan wawasan pelaku usaha UMKM dalam penguasaan literasi keuangan merupakan aspek penting yang perlu diberdayakan. Sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi Tim Dosen Muda UM yang berangggotakan Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd dan Ibu Dhika Maha Putri, S.Pd., M.Acc serta Tim Mahasiswa yang beranggotakan Nuriyatul Mustofiyah dan Rizqi Sabila, dibantu oleh Andre Fiki Rahandi sebagai pembantu lapangan memberikan literasi keuangan kepada masyarakat pelaku usaha UMKM di Desa Ngingit. Program ini juga merupakan upayaperwujudan SDGS yaitu dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak.

Adanya pelatihan Pendampingan Pengelolaan Pencatatan Keuangan UMKM Secara Manual Pada UMKM Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang bertujuan untuk  menjelaskan tata cara pencatatan keuangan terkait pengeluran pribadi dengan usaha, dimana diharapkan para pemilik UMKM desa Ngingit dapat lebih mengembangkan bisnisnya didukung dengan pencatatan keuangan yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk solusi atas beberapa masalah yang dihadapi UMKM di Desa Ngingit, diantaranya adalah rendahnya pengetahuan keuangan UMKM Desa Ngingit, pentingnya pengembangan pembinaan kelompok, dan pentingnya pengelolaan aspek manajemen keuangan. Selain itu, salah satu masalah utama yang masih dihadapi masyarakat Desa Ngingit sendiri adalah dikarenakan masyarakat memiliki keterbatasan akses teknologi dengan tidak memadainnya penggunaan aplikasi pada smartphone yang dimiliki. Hal ini tentunya akan menyulitkan masyarakat jika pelatihan dilakukan melalui media pencatatan akuntansi secara digital, sehingga pelatihan penerapan pencatatan keuangan secara manual merupakan solusi yang tepat.

Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan 6 jadwal kegiatan pengabdian mulai dari observasi lapangan sebaga bentuk kegiatan untuk melihat masalah yang dihadapi UMKM di Desa Ngingit pada hari Senin 6 Juni 2022. Selanjutnya, terdapat kegiatan Koordinasi Peserta Kegiatan Pengabdian pada hari Kamis 16 Juni 2022 yang dilanjutkan kegiatan pengabdian pertama pada hari Senin 4 Juli 2022.  Hingga evaluasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada hari Senin 22 Agustus 2022 setelah rangkaian pelaksanaan pengabdian 2 dan 3 pada hari  Senin 18 Juli 2022 dan Senin 1 Agustus 2022.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan pencatatan keuangan sendiri dilaksanakan pada hari Senin, 4 Juli 2022 pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.30 WIB yang dihadiri oleh 29 masyarakat pelaku usaha UMKM dan perangkat Desa Ngingit. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana, ketua koordinasi desa KKN, dan Ibu Lurah. Acara selanjutnya dilakukan foto bersama dan pembacaan CV pemateri. Kemudian memasuki acara inti yang diawali dengan pemaparan terkait dasar akuntansi oleh Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pdselaku Tim Dosen Muda FEB UM.

Gambar 1. Pemaparan Materi Akuntansi Dasar Oleh Ibu Sheila Febriani Putri, S.Pd., M.Pd

Selanjutnya, terdapat kegiatan praktik pengaplikasian materi secara langsung dengan adanya contoh soal yang diberikan oleh ibu Dhika Maha Putri yang mana selaku Tim Dosen Muda FEB UM juga. Dalam pelatihan ini,  UMKM di desa Ngingit secara langsung didampingi dalam membuat laporan keuangan sederhana untuk UMKM. Pendampingan dilakukan mulai dari analisis transaksi sampai pada masyarakatpelatihan terkait dengan bagaimana cara untuk menginput di worksheet. Pada akhir kegiatan sosialisasi diakhiri dengan acara penutupan pelatihan. Hal ini tentunya akan mempermudah UMKM dalam pencatatan keuangannya sehingga mampu untuk meningkatkan kemampuan UMKM untuk semakin berkembang.

Gambar 2. Pemaparan Materi Praktik Pencatatan Keuangan Secara Manual Oleh Ibu Dhika Maha Putri, S.Pd., M.Acc

Selama kegiatan berlangsung, tamu undangan memberikan respon yang baik dan antusias dalam kegiatan praktik yang dilakukan. Beberapa tamu undangan sudah dapat memahami terkait dasar akutansi dan pencatatannya dilihat dari respon tamu yang dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Sehingga, dengan pelatihan yang diberikan dapat menjadi bekal bagi para masyarakat pelaku usaha UMKM di Desa Ngingit untuk menerapkan manajemen keuangan yang baik melalui pemahaman literasi pencatatan keuangan secara manual tersebut. Hal ini tentunya akan mendukung kemajuan UMKM di Desa Ngingit dengan pelaku usaha yang semakin menguasai pencatatan keuangan usahanya akan mendukung kemajuan UMKM yang dikelolanya.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membantu perkembangan UMKM di Desa Ngingit, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Oleh karena itu, sebagai bentuk evaluasi akan dilakukan konfirmasi dengan UMKM terkait dengan hasil kegiatan pengabdian. Kegiatan evaluasi ini dilakukan sebelum kegiatan akhir dilaksanakan pada Senin, 22 Agustus 2022.

 

Translate »
Skip to toolbar