Preaload Image

Tingkatkan Skill Kewirausahaan Guna Mewujudkan SDGs 8: Departemen Akuntansi FEB UM Mengundang H.Nanang Suherman S.E., S.Psi.

Departemen Akuntansi UM telah mengundang H. Nanang Suherman, S.E., S.Psi. selaku praktisi yang memiliki bisnis Ayam Nelongso yang sudah memiliki 70 outlet di seluruh Indonesia. Acara webinar ini hadir dengan tema“Karakter & Strategi Wirausahawan sebagai Kunci Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”. Bapak Nanang Suherman lebih banyak menceritakan pengalamannya dalam berwirausaha. kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan dan menumbuhkan mental softskill mahasiswa akuntansi FEB Universitas Negeri Malang serta eksternal di dunia kewirausahaan sekaligus memberikan insight kepada para mahasiswa tentang bagaimana seluk beluk kewirausahaan.

Kegiatan ini merupakan wujud dari Departemen Akuntansi FEB UM dalam menunjang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dimana hal ini sesuai dengan tujuan yang telah dibentuk oleh PBB yakni Sustainable Development Goals (SDGs) 8 terkait Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi atau dalam bahasa inggris disebut decent work and economy growth. Kewirausahaan memiliki manfaat bagi mahasiswa dari latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda karena mengajarkan setiap insan untuk mengembangkan keterampilan unik dan berpikir di luar kotak. Selain itu, menciptakan peluang, menanamkan kepercayaan, menjamin keadilan sosial dan merangsang pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Penyelenggaran kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 26 Maret 2022, kegiatan kali ini dilakukan secara daring yakni menggunakan platform zoom dan youtube Studio Akuntansi FEB UM dengan jumlah peserta sebanyak 180 partisipan. Ibu Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak., CSRS selaku Kepala Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang memberikan sambutan yang luar biasa sekaligus membuka kegiatan tersebut. Kegiatan ini dipandu oleh moderator yakni salah satu dosen dari departemen akuntansi, ibu Setya Ayu Rahmawati, S.E., M.SA.

Bapak Nanang Suherman berargumen bahwa bagian terpenting dalam berwirausaha adalah memiliki mindset wirausaha sehingga sekecil apapun usaha bisnis yang kita miliki, kita akan terus berpikir mengenai bagaimana cara mengembangkannya agar usaha bisnis tersebut dapat terus berjalan. Selain itu, beliau juga percaya bahwa keberuntungan itu tidak pernah ada. Dalam hidup ini, yang ada adalah kesempatan yang diambil dan dieksekusi dengan sungguh-sungguh. Tidak ada keberuntungan yang diperoleh apabila kita tidak mengambil tindakan dan bekerja keras. Lalu ketika kesempatan bertemu dengan peluang, maka jadilah keberuntungan. Beliau berpesan bahwa hanya tindakan nyatalah yang dapat mengubah keadaan seseorang. Sesi pak Nanang masih terus berlanjut dengan sesi tanya jawab yang cukup meriah dan beliau banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang antusias dengan pengalaman berwirausaha beliau.

Sekian kegiatan acara National Seminar on Accounting, Finance, and Economics dan Call for Paper 2022. Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan mampu menumbuhkan minat dan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha sehingga akan mampu melahirkan wirausahawan muda untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan acara ini. Sampai jumpa di acara seminar berikutnya.

(Erine Katrin Sasmitaningrum-Pendidikan Akuntansi UM 2020)

 

Translate »
Skip to toolbar