Upaya Guru Akuntansi Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Sari, Puspita S. 2016. Upaya Guru Akuntansi Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulastri, S.Pd., M.SA (2) Bety Nur Achadiyah., S.Pd., M.Sc

Kata Kunci: Upaya Guru, Peserta Didik, Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan transformasi ASEAN menjadi sebuah wilayah dimana barang, jasa, dan tenaga kerja terampil dapat bergerak bebas tanpa batas. Salah satu dampak dari perubahan ini adalah dihapusnya hambatan dalam mobilisasi tenaga kerja. Akibatnya, akan terjadi peningkatan produktivitas tenaga kerja. Salah satu penghasil tenaga kerja terampil adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK merupakan jenjang pendidikan menengah dengan tujuan untuk mempersiapkan lulusannya agar siap bekerja dalam bidang tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, tidak terlepas dari peran guru sebagai tenaga kerja pendidik dalam rangka mempersiapkan peserta didik menghadapi MEA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai upaya guru akuntansi dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi MEA, melalui penerapan kompetensi inti guru yang tercantum dalam kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru akuntansi di sekolah menengah kejuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Penelitian menggunakan analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam aspek spiritual, guru mengutamakan sikap kejujuran serta menumbuhkan akhlak yang baik melalui program keagamaan, seperti kajian keagamaan, membaca dan memahami kitab suci, serta kegiatan keagamaan lainnya, 2) dalam aspek sosial, guru berupaya menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi kepada peserta didik melalui komunikasi dan interasi yang baik kepada guru maupun teman sebaya, 3) dalam aspek pengetahuan, guru berupaya untuk menyesuaikan dan membuat bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013 serta menekankan kepada peserta didik untuk memahami konsep dalam pembelajaran, 4) dalam aspek keterampilan, guru berupaya mengutamakan keterampilan berbahasa asing dan keterampilan menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam rangka menghadapi persaingan global.
Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini ialah bagi guru akuntansi lebih memaksimalkan dalam penerapan kompetensi inti dan disesuaikan dengan tuntutan dunia kerja, terutama dalam memperluas wawasan yang berhubungan dengan perkembangan dunia kerja secara global. Meningkatkan keterampilan berbahasa asing serta memaksimalkan dalam bimbingan spiritualitas kepada peserta didik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *