Preaload Image

Upaya Pembentukan Karakter Bangsa Berjiwa Nasionalis dengan Tayangan Film “Battle of Surabaya” untuk Siswa MI Miftahul Huda Desa Duwet Krajan Demi Mewujudkan SDGs

Penanaman karakter nasionalisme penting dilakukan sebagai pembentukan karakter yang kuat dalam membentengi generasi muda akan dampak buruk dari globalisasi. Tim kelompok pengabdian membangun desa Jurusan Akuntansi FE UM melakukan Kegiatan Program Kerja “Nonton Bareng Film Nasinalisme” untuk siswa MI Miftahul Huda di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tim pengabdian membangun desa Jurusan Akuntansi FEB UM  terdiri dari : 13 anggota yang berasal dari prodi S1 Akuntansi, yaitu : Gracia Angelina Nawang Wulan, Ahmad Hikami, Intan Dilla Sabilah, Tioryta Grasella Sijabat, Gusti B’tari Artichah, Gita Gloria Christy, Dania Anitsa, Alfi Rosyidah Hamim, Fera Pebriyanti, Ajeng Purbaningrum, Uswatur Rizkiyah, Sayyid Achmad Abdillah, dan Faridah Puteri Permatasari. Anggota tersebut tergabung dalam satu kelompok pelaksana kegiatan Sosialisasi Pentingnya Membayar Pajak. Serta di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapanagan atas nama Bapak Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A.

Pembentukan karakter bangsa berjiwa nasionalis dengan tayangan film “battle of Surabaya”  sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni pada poin ke-4. Tujuan yang ke-4 tentang Pendidikan berkualitas. Pelaksanaan program kerja ini dapat memberikan pendidikan kepada anak-anak di Desa Duwet Krajan mengenai mencetak karakter yang berkualitas guna mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia

Kegiatan program kerja nonton bareng film nasionalisme bertujuan untuk memunculkan semangat patriotis dan nasionalis generasi muda MI Miftahul Huda sebagai penerus bangsa Indonesia, melalui kegiatan nonton film nasionalisme ini diharapkan siswa MI Miftahul Huda dapat lebih mengenal tokoh pahlawan yang berjasa di Indonesia, menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air dan bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia. Kegiatan pelaksanaan program kerja Nonton Bareng Film Nasionalisme ini dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2021 yang berlokasi di MI Miftahul Huda Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan sasaran kegiatan meliputi kelas IVb, V dan VI.

 

Rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Tahap awal pelaksanaan adalah dengan persiapan peralatan dan tempat pelaksanaan kegiatan yaitu aula MI Miftahul Huda. Perlengkapan yang mendukung kegiatan ini adalah laptop, proyektor dan LCD. Kegiatan persiapan dilaksanakan dengan pengecekan kualitas gambar dan suara yang jernih. Setelah seluruh persiapan selesai selanjutnya adalah mepersilahkan peserta untuk masuk dan duduk ditempat yang sudah disediakan. Kegiatan selanjutnya dipandu oleh MC untuk pelaksanaan Pre-test, kegiatan inti menonton film nasional yaitu “Battle of Surabaya” dan terakhir adalah Post-test. Siswa diberikan 5 soal untuk masing masing test dengan tujuan sebagai bahan evaluasi apakah dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan dampak terhadap pembentukan karakter dan menambah pengetahuan siswa. Acara terakhir adalah pembagian hadiah kepada siswa yang mendapatkan nilai tinggi saat test dan dapat menjelaskan inti dari film yang baru saja ditonton.

Kegiatan sempat terkendala oleh beberapa hal yaitu laptop yang tidak bisa konek ke perangkat layar proyektor, kemudian sifat dasar siswa SD yang sedikit sulit untuk dibuat kondisif. Tapi terlepas dari kendala tersebut tim pengabdian dapat menemukan jalan keluar dan melaksanakan dengan lancar dengan kerjasama tim yang baik. Adapun hasil capaian dari program Membangun Desa melalui salah satu program kerja Nonton Bareng Film  Nasionalisme berupa meningkatnya pengetahuan siswa MI Miftahul Huda mengenai sejarah Indonesia, terkhusus dalam hal ini adalah perjuangan para pahlawan di Surabaya. Program kerja ini juga merupakan salah satu alternatif siswa untuk mengenal tokoh pahlawan Indonesia yang sekaligus didorong oleh adanya soal pre test — post test. Pada program kerja ini, film nasionalisme yang ditayangkan untuk ditonton bersama adalah Battle of Surabaya versi animasi agar siswa lebih bersemangat dalam menonton dan memiliki rasa tertarik. Hal tersebut tentunya tercapai melihat para siswa/i MI Miftahul Huda tentram saat film nasionalisme Battle of Surabaya versi animasi ditayangkan.

Translate »
Skip to toolbar