Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Sektor Pariwisata Di Kota Malang

Pancariningsih, Elvi. 2016. Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Sektor Pariwisata Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Puji Handayati, SE., M.M., Ak . CA, C.MA (II) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Upaya Pemerintah, PAD, Sektor Pariwisata

PAD adalah salah satu sumber pembiayaan pemerintah daerah, penyumbang terbesar PAD adalah sektor pariwisata. Sehingga diperlukan upaya dari pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata agar lebih maksimal, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya apa yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang serta Dinas Pendapatan Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh merupakan paparan mengenai upaya-upaya pemerintah. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Sedangkan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa upaya yang dilakukan pemerintah Kota Malang pada umumnya hampir sama dengan daerah lain yaitu (1) perbaikan infrastruktur, (2) pengembangan program masyarakat dan (3) pemasaran. Namun, ada upaya khusus yang dilakukan pemerintah daerah Kota Malang dibandingkan daerah lain yang mempunyai karakteristik sama, yakni perbaikan sektor MICE. Pada penelitian selanjutnya, penelitian sebaiknya dilakukan juga dengan pihak diluar dinas seperti masyarakat maupun pihak swasta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *