Preaload Image

Upaya Penerapan Tujuan SDGs 8 & SDGs 9 dengan Pembuatan Mural dan Papan Nama Guna Meningkatkan Eksistensi Wisata Edukasi di Desa Dadaprejo

Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan yang berkelanjutan merupakan pembangunan yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan di masyarakat secara berkelanjutan, menjaga kualitas lingkungan hidup, serta dapat menjamin terlaksananya tata kelola sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup suatu bangsa. SDGs mempunyai 17 tujuan dan 169 target. 49 dari 67 indikator telah berhasil diwujudkan oleh Indonesia namun, masih tedapat beberapa indikator yang harus dilanjutkan dalam penerapan SDGs.

Untuk memudahkan pelaksanaan dan pemantauan 17 tujuan dan 169 target SDGs dikelompokkan pada 4 pilar, yaitu pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan, pilar pembangunan sosial, serta pilar pembangunan hukum dan tata kelola. Dari ke-17 tujuan SDGs, mahasiswa KKN MBKM UM menerapkan tujuan poin ke-8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta poin ke-9, yaitu industri, inovasi, dan infrastruktur. Poin ke-8 dan ke- 9 ini masuk ke dalam pilar pembangunan ekonomi. Pembuatan mural dan papan nama termasuk ke dalam upaya perbaikan infrastruktur di Wisata Edukasi Desa Dadaprejo. Selain itu, dengan meningkatnya eksistensi wisata edukasi di desa tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Papan Nama Kerajinan Gerabah & Batik

Senin, 17 Januari 2022 Mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang melakukan aksi nyata pembuatan mural dan papan nama sebagai bentuk penguatan identitas Wisata Eduaksi Dadaprejo (WED). Wisata eduaksi di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, memiliki 3 destinasi wisata yaitu kebun anggrek, kerajinan gerabah, dan batik. Wisata Eduaksi Dadaprejo yang menjadi lokasi kegiatan KKN MBKM Membangun Desa oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang ini mulai bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Mengingat kelurahan wisata Dadaprejo yang baru terbentuk satu tahun terakhir, masih banyak sarana dan prasarana yang harus ditingkatkan salah satunya spot foto dan papan nama di setiap tempat wisata guna menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa KKN MBKM Universitas Negeri Malang turut mendukung wisata eduaksi Dadaprejo dengan pembentukan program kerja pembuatan dan papan nama.

Papan nama yang dibuat bertujuan memudahkan wisatawan mengetahui lokasi wisata. Hal ini dikarenakan tempat wisata berlokasi di rumah pemilik, apabila tidak ada keterangan seperti papan nama dapat membuat wisatawan kesulitan untuk menemukan lokasi tersebut.

Karya seni mural bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap tempat wisata. Selain itu, karya seni mural juga dapat membantu pemilik tempat wisata melakukan promosi. Mural tersebut dapat menjadi tempat wisatawan untuk melakukan sesi foto dan diunggah di sosial media.

Adanya mural dan papan nama sebagai penguatan identitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan eksistensi Kelurahan Dadaprejo sebagai Wisata Eduaksi yang mampu bersaing dengan wisata-wisata yang ada di Kota Batu.

Translate »
Skip to toolbar