Preaload Image

Wujudkan Kebugaran Jasmani melalui Senam Sehat Bersama Ibu PKK Desa Pandanrejo guna Mendukung Indikator SDGs Good Health and Well Being

Berolahraga merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Salah satu cabang olahraga yang dapat menjadi pilihan adalah senam. Senam merupakan suatu aktivitas olahraga yang melibatkan aktivitas fisik dengan menggerakkan bagian tubuh tertentu secara sistematis dan teratur dengan tujuan untuk memperoleh manfaat bagi tubuh. Saat ini senam banyak diminati oleh masyarakat karena senam merupakan kegiatan yang menyenangkan, mudah dilakukan dan termasuk olahraga yang tidak menggunakan alat. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung terwujudnya Indikator ke-3 dalam SDGs yaitu peningkatan kesehatan dan kehidupan yang lebih baik. Peningkatan kesehatan menjadikan masyarakat lebih bersemangat dan bugar sehingga masyarakat desa lebih kondusif.

Gerakan-gerakan senam memberikan manfaat yang cukup bagus bagi kesehatan tubuh diantaranya meningkatkan fungsi jantung, menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi stress, tidak mudah tersserang penyakit, meningkatkan stamina dan meningkatkan kelenturan serta kebugaran. Hal tersebut menjadi dasar bagi tim pengabdian Akuntansi FEB UM bekerjasama dengan mahasiswa MBKM Membangun Desa Universitas Negeri Malang untuk membentuk suatu program yang melibatkan masyarakat dengan melakukan kegiatan yang menyehatkan sekaligus menyenangkan yaitu kegiatan senam sehat bersama di Desa Pandanrejo,  Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan Senam Sehat diselenggarakan pada hari Minggu, 3 Januari 2022 di Halaman Kantor Desa Pandanrejo. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Kepala Desa Pandanrejo yang merupakan Ketua PKK, beserta Ibu PKK se-Desa Pandanrejo dengan total peserta 30 orang. Senam Sehat berlangsung sejak pukul 08.00-09.00 WIB. Senam yang dilaksanakan terdiri dari senam aerobic dan senam irama yang dipandu oleh 3 Instruktur senam dari perwakilan mahasiswa.

Selama kegiatan berlangsung, gerakan demi gerakan diikuti oleh peserta dan diiringi musik dengan tempo yang semangat. Gerakan senam diikuti oleh Ibu PKK dengan sangat antusias dan heboh. Seruan semangat kerap kali dikumandangkan oleh para peserta. Peserta yang hadir tidak hanya Ibu-ibu yang berusia muda, tetapi juga beberapa Ibu lansia yang juga semangat mengikuti gerakan senam. Selain itu, tim mahasiswa Membangun Desa juga tidak mau kalah, mereka ikut serta dalam senam untuk menyemarakkan kegiatan membaur menjadi satu dengan masyarakat. Kegiatan Senam Sehat telah berjalan lancar dan sukses dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Maka dari itu, Mahasiswa MBKM Membangun Desa berharap kegiatan senam sehat bersama dapat berkelanjutan dan menjadi agenda rutin masyarakat Desa Pandanrejo untuk meningkatkan kebugaran jasmani sebagai salah satu budaya hidup sehat. 

Translate »
Skip to toolbar