Preaload Image

WUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS SEBAGAI TUJUAN SDGS 2030 MELALUI PENDAMPINGAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN TK MUSLIMAT NU 08 ASSHOFIYAH OLEH TIM DEPARTEMEN AKUNTANSI FEB UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2021

Seperti yang diketahui, pendidikan di Indonesia masih terbilang rendah. Sebagai salah satu tujuan SDGs 2030 nomor 4, pemerintah terus menggenjot kualitas pendidikan di Indonesia. Tentu peran pemerintah tidak akan maksimal jika tidak diiringi dengan tindakan nyata dari warganya. Hal ini menjadi dasar bagi mahasiswa program kerja UM 2021 untuk mewujudkan tujuan tersebut. Langkah yang diambil adalah dengan melakukan pendampingan dalam proses pencatatan laporan keuangan. Pada kegiatan pendampingan ini, mahasiswa program kerja UM 2021 memilih TK Muslimat NU 08 Asshofiyah sebagai tempat pelaksanaan pendampingan pencatatan laporan keuangan. Mahasiswa program kerja UM 2021 yang terlibat dalam kegiatan pendampingan meruupakan mahasiswa dari jurusan akuntansi, Universitas Negeri Malang. Tujuan dari kegiatan ini untuk sharing kepada guru guru TK tersebut mengenai pencatatan keuangan secara sederhana. Format laporan keuangan yang diajarkan seperti laporan arus kas, pencatatan tabungan, hingga komputerisasi pencatatan laporan.

Pertama tim program kerja melakukan observasi terlebih dahulu guna mengetahui apakah TK Muslimat NU 8 Asshofiyah sudah memahami ketentuan pencatatan atau belum. Serta melihat apakah pencatatannya sudah efisien dan efektif atau belum. Dalam wawancara terhadap ibu Midah selaku bendahara sekolah. “Untuk pencatatannya masih manual, ditulis pada buku yang terpisah, seperti buku spp, buku pengeluaran, buku gaji guru dan neraca. Maka dari itu kami sering kebingungan karena pencatatannya masih terpisah pisah.”

Dari hasil wawancara tersebut tim program kerja UM melakukan pendampingan pencatatan laporan keuangan secara sederhana yang dimulai dari bulan november hingga desember. Para mahasiswa membantu dengan membuatkan pencatatan secara komputerisasi melalui aplikasi excel, serta mengajarkan bagaimana menjalankan aplikasi excel. Tidak hanya itu saja, para mahasiswa juga membuat hardcopy laporan keuangan agar dapat melakukan pencatatan secara manual jika terjadi kesalahan sistem.

“insyaallah bisa mas, yang penting sudah paham angka ini dimasukkan dimana dan yang ini dimasukkan dimana.” Merupakan respon dari ibu Midah setelah dilakukannya beberapa pendampingan. Dengan adanya pendampingan  ini diharapkan staff bendahara TK Muslimat NU 8 ASSHOFIYAH, kedepannya tidak kebingungan saat melakukan pencatatan maupun penyusunan laporan keuangan yang lebih efektif dan efisien. 

Translate »
Skip to toolbar