Preaload Image

Yongky dan Riko Kembali Menorehkan Prestasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai (LKTIE) Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Tingkat Nasional Tahun 2022

Yongky Teguh Setiaji, seorang mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 yang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Bersama rekannya dari Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2019, Riko Rahmad Adriansyah. Keduanya kembali berhasil meraih Juara 1 Karya Tulis Ilmiah dan memenangkan penghargaan best presentation dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai (LKTIE) Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diadakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (FORMADIKSI UM).

Pemasaran melalui e-commerce menjadi topik yang diangkat dalam karya tulis kali ini. Menurut Yongky, topik ini cukup menarik untuk dibahas dan dipelajari lebih lanjut. Tuntutan zaman yang serba digital juga mengharuskan potensi-potensi yang ada disebarluaskan melalui e-commerce. Dengan bimbingan Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun. yang merupakan salah satu dosen Departemen Akuntansi,  Yongky dan Riko menulis karya tulis ilmiah berjudul “Pra-Desa: Program Peningkatan Perekonomian Desa melalui E-Commerce sebagai Aktualisasi IPTEK di Era Society 5.0”.

“Topik kali ini tentang pemasaran potensi yang ada di desa melalui e-commerce. Topik ini cukup menarik untuk dibahas terlebih tuntutan zaman yang serba digital, menjadikan potensi-potensi besar yang ada di desa perlu disebarluaskan lewat e-commerce,” jelas Yongky.

Kegiatan yang diadakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (FORMADIKSI UM) kali ini berlangsung secara offline dengan peserta mahasiswa para penerima bidikmisi dan KIP kuliah secara nasional dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Tidar, Politeknik Negeri Malang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Mataram, Universitas Airlangga, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hingga STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Riko juga mengungkapkan, bahwasannya lomba kali ini lebih memacu persaingan di antara peserta, sebab diadakan secara langsung dengan dua juri reviewer PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). 

“Kegiatan lombanya offline di kampus selama dua hari. Ini sih yang bikin beda, apalagi jurinya reviewer PIMNAS yaitu Pak Sopingi dari UM dan Pak Andi Nugroho dari UNIKAMA (Universitas Kanjuruhan Malang),” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Riko tersebut.

“Pesertanya dari berbagai universitas di Indonesia, ini juga yang bikin kerasa banget lombanya. Seru juga bisa ketemu teman-teman mahasiswa dari universitas lain,” lanjut Yongky.

Kolaborasi sukses dua fakultas yang berbeda ini tentu membuat Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA., Ak. CA., CSRS selaku Ketua Departemen Akuntansi membawa harapan besar bagi mahasiswa Departemen Akuntansi lainnya. Dosen yang kerap disapa Bu Tia tersebut berharap ini bisa menjadi pendongkrak semangat bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan membanggakan Departemen Akuntansi khususnya.

“Kolaborasi mahasiswa dari beda fakultas itu tentu banyak memberikan pengalaman besar yang mungkin tidak didapatkan di kelas. Harapannya ini bisa jadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi dan membanggakan nama Departemen Akuntansi,” ungkap Dr. Satia.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntasi, 2022)

Translate »
Skip to toolbar