Preaload Image

Yongky Teguh Setiaji dan Riko Rahmad Adriansyah Raih Best Presentation dalam Pekan Ilmiah dan Penalaran Mahasiswa 4.0 Tingkat Nasional

Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi 2019, Yongky Teguh Setiaji bersama rekannya Riko Rahmad Adriansyah dari Fakultas Ilmu Pendidikan meraih best presentation dalam Pekan Ilmiah dan Penalaran Mahasiswa 4.0. Pekan Ilmiah dan Penalaran Mahasiswa 4.0 (PENA 4.0) ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Prestasi dan Riset Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan dibimbing oleh Miranti Puspaningtyas, S.Pd., M.Akun. selaku dosen Departemen Akuntansi, Yongky dan Riko mengajukan paper berjudul “Konsep Pengembangan Mikro Learning Edukit untuk Learning Management System dalam Mendukung Student-Centered Learning Menuju Indonesia Emas 2045”.

Paper tersebut diajukan dengan dilatarbelakangi oleh pemikiran Yongky dan Riko bahwa Learning Management System perlu dikembangkan sebagai upaya mewujudkan pendidikan yang inklusif guna mencapai Indonesia Emas 2045. Menurut Yongky, paper ini cukup menarik dari segi pembahasannya. Pembahasan mengenai Learning Management System merupakan bidang yang Riko minati. Sehingga, saling berbagi ilmu pengetahuan menjadi pembahasan rutin untuk menghasilkan paper dengan topik LMS tersebut. Tidak hanya itu, hal lain yang berbeda dari penulisan paper ini adalah Yongky dan Riko berupaya untuk mendapatkan konten Learning Management System dari beberapa universitas lainnya di Indonesia.

“Menariknya di pembahasan LMS itu sih, Mas Riko ada minat di sana jadi pasti sharing ilmu tentang itu. Terlebih kita juga berupaya buat dapetin konten LMS dari beberapa universitas di Indonesia lewat teman-teman kita,” jelas Yongky.

Selain itu, kendala tentu mereka alami seperti pada tahap presentasi dimana peserta berasal dari universitas-universitas luar biasa, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Lampung, dan beberapa universitas lainnya. Terlebih dalam tahap presentasi ini dilaksanakan secara offline juga menjadi tantangan tersendiri. Menata fokus dan tetap saling memberikan semangat merupakan kunci di antara mereka hingga akhirnya dapat menjadi Best Presentation dalam Pekan Ilmiah dan Penalaran Mahasiswa 4.0 yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut.

“Bedanya dilakukan secara offline, dan kerennya lagi lawannya dari universitas keren seperti ITS, UNAIR, UNJ, UNILA, bahkan Politeknik Negeri Bandung. Harus menata mood, saling memberi semangat, dan alhamdulillah jadi best presentation,” ungkap Riko Rahmad Adriansyah.

Koordinator Program Studi S1 Akuntansi, Sulatri, S.Pd., M.SA mengungkapkan rasa bangga terhadap prestasi mahasiswanya tersebut. Beliau juga berharap, bahwa ini dapat menjadi contoh dan motivasi bagi mahasiswa-mahasiswi lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Departemen Akuntansi di tingkat Nasional.

“Selamat dan semangat buat Yongky dan rekannya, Riko. Selamat atas raihan best presentation, dengan prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa Departemen Akuntansi lainnya untuk berprestasi seperti Yongky. Mungkin setelah melihat prestasi Yongky dan Riko ini, bisa terbesit pemikiran ‘Aku pengen jadi kaya Mas Yongky dan Mas Riko’. Intinya, terima kasih sudah mengharumkan nama Departemen Akuntansi,” ungkap dosen yang kerap disapa Bu Lastri tersebut.

(Tim Asisten Kreatif Departemen Akuntansi FEB UM 2022)

Translate »
Skip to toolbar